Aku mungkin ingat kamu, kamu?

69013-Meaningful+Relationship+Quotes

 

Saya akan mencoba untuk tidak menulis terlalu ilmiah dalam cerita saya kali ini. Karena jujur, ha yang paling malas saya lakukan adalah mencari sumber ilmiah. Yang saya andalkan hanya pengetahuan standar yang masih nempel di kepala. Standar. Kadang tak sempurna, dan seingatnya saja.

Ini memang cerita tentang ingatan.  I was read here, seorang manusia hanya mampu mememperhatikan sekitar 150 orang (dalam hubungan yang menurut mereka berarti). Sampel yang diuji adalah penduduk facebook. Ok then, try to try. Ujilah sekarang. Kira-kira siapa orang-orang yang kau anggap berarti saat ini?

Bisa jadi memang tidak lebih dari 150 orang. Pun jika kau adalah public figure. Mendapatkan ribuan komentar, atau jutaan “like”. Berapa orang yang kau perhatikan? Lebih dari 150 orang?

Terkadang, saya cukup memberikan cukup perhatian akan seberapa penting saya di hati orang-orang yang saya anggap penting. Mengingat kondisi nyata seperti ini (tanpa harus membatasi diri), justru menjadikan saya lebih memklumi kondisi dan pribahasa “ada yang datang dan ada yang pergi”.

Kita hitung-hitung saja!

Dalam jangka waktu dari umur 0 – 10 tahun, berapa orang yang kalian anggap penting? Orang tua, saudara, sepupu, paman/bibi, kakek/nenek, teman sepermainan. Kita singkat saja, mungkin kira-kira 20 orang.

Kemudian, memasuki masa-masa sekolah. Kita ambil misalkan: SMP, kita memiliki 10 orang yang kita anggap berarti. SMA 10 orang. Kuliah, ini tidak mungkin hanya 10 orang, apa lagi untuk orang-orang yang memiliki komunitas, 30 orang (ini hanya untuk hitung-hitungan satu angkatan), Duh! Saya naikan jadi 50 orang yang berarti (mungkin). Jadi sudah berapa orang? Total kira-kira sudah ada 90 orang yang kita anggap berarti. Masih ada spare memori untuk 60 orang. Bagaimana dengan tetangga? Bagaimana dengan orang-orang yang memiliki aktifitas berpindah dengan komunitas yang berganti-ganti dan pasti memiliki satu daiantara sekian orang yang pasti berarti diantara mereka. Ditambah lagi, orang yang memiliki perhatian terhadap komunitas dan aktifitas biasanya adalah orang-orang yang berpikiran dan hati yang terbuka. Tapi, apakah otak mereka memang mampu menampung lebih dari 150 hubungan yang mereka anggap berarti ini?

Aku mungkin ingat kamu. Kamu?

Leave a Reply

